Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

DUKUNG PROGRAM PENURUNAN STUNTING, PEMERINTAH DESA KIARAPEDES FASILITASI KEGIATAN EVALUASI & PEMBINAAN TPK

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada dibawah standar anak seusianya. Saat ini angka stunting di Indonesia masih terhitung tinggi, dan ini menjadi hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah. Salah satu cara menanggulanginya yaitu dengan dibentuknya Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebagai fasilitas untuk pendampingan kepada sasaran prioritas yang mencakup ruang lingkup terkecil di tingkat Desa/Kelurahan. Hari ini Pemerintah Desa Kiarapedes memfasilitasi kegiatan Evaluasi dan Pembinaan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang di laksanakan di Aula Desa Kiarapedes. Kepala Desa Kiarapedes yang diwakilkan oleh Kasi Pemerintahan dan Ketua TP PKK Kecamatan Kiarapedes beserta jajarannya ikut serta hadir dalam kegiatan ini. Iwan Jamaludin selaku Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) menyampaikan bahwa Desa Kiarapedes menjadi salah satu Desa dengan tingkat angka stunting terkecil sekecamatan Kiarapedes yang dikutip dari laporan data Tim Pendamping Keluarga pada bulan Februari yang lalu. Karena dengan adanya program pendukung dari pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2023, untuk penurunan stunting seperti program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada sasaran prioritas itu menjadi salah satu faktor suksesnya program tersebut. Selain itu, Ketua TP PKK Kecamatan Kiarapedes juga memberikan arahan serta motivasi kepada Tim Pendamping Keluarga agar tetap terus semangat dalam bertugas untuk mencapai program Zero New Stunting.

DESA KIARAPEDES KEMBALI SALURKAN BLT-DD TAHAP 3

Pemerintah Desa Kiarapedes hari ini Kamis (23/10) di Aula Kantor Desa Kiarapedes melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2023.  Sebanyak 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima penyaluran BLT-DD untuk bulan Juli, Agustus, September dengan Dana yang disalurkan sebesar 21.600.000 dengan setiap KPM menerima sebesar Rp. 900.000. Eden Sudana, S.S, selaku Kepala Desa Kiarapedes memberikan pesan bahwa penerima harap menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Deni Mulyana, S.E., selaku Kasi Pemerintah Kecamatan Kiarapedes pun ikut serta menjelaskan kepada KPM bahwa Penyaluran ini Pertanggung Jawabannya panjang, dan akan diperiksa pada tahun depan.  "Bapak Ibu penerima KPM Saya harap uang ini bisa dipergunakan/dibelikan saja untuk kebutuhan pokok pada pelaku usaha yang berada dilingkungan setempat agar perputaran uang ini panjang dan lama di masyarakat sekaligus bisa dirasakan oleh masyarakat lainnya". Ujar Deni. Kegiatan penyaluran ini pun dihadiri dan disaksikan oleh beberapa kasi pemerintah Kecamatan Kiarapedes, Babinsa & Bhabinkamtibmas Desa Kiarapedes, BPD, Pendamping Desa, serta Unsur lainnya yang ikut serta menyaksikan kegiatan tersebut.

PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI) DESA KIARAPEDES ADAKAN PERLOMBAAN TINGKAT DESA

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) pada tahun ini Desa Kiarapedes adakan perlombaan tingkat Desa yang dilaksanakan di Aula Desa Kiarapedes. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat dari mulai TK, SD, SMP serta Ibu-Ibu Pengajian hingga aparatur Desa Kiarapedes ikut turut serta dalam kegiatan perlombaan tersebut.   Dengan peserta yang berjumlah lebih dari 100 orang, Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 21 oktober 2023 hingga tanggal 25 Oktober 2023, dengan beberapa perlombaaan diantaranya : Lomba Kaligrafi Tingkat SD-SMP Lomba mewarnai Tingkat TK/PAUD Lomba Pildacil & Pildama Lomba Baca Deba Tingkat SD-SMP Lomba Busana Muslim Ibu-Ibu Lomba Tahfidz Tingkat SD-SMP Lomba Adzan Tingkat Anak dan Dewasa Lomba Praktik Sholat Subuh Tingkat SD Lomba Qasidah/Marawis Tingkat Anak-Anak dan Ibu-Ibu “Dengan di adakannya perlombaan ini sebagai perantara anak-anak dalam menggali bakat dan potensi yang ada di dalam diri anak-anak yang ada di Desa Kiarapedes, dengan harapan semoga kelak mereka menjadi penerus bangsa yang berilmu, beradab serta berakhlakul karimah. Aamiin “ – ujar Kepala Desa Kiarapedes pada saat sambutan acara pembukaan perlombaan (Sabtu, 21 Oktober 2023).    

DAPATKAN ALOKASI TAMBAHAN DANA SEBESAR 139 JUTA DESA KIARAPEDES LAKSANAKAN MUSDES

Hari ini Jum`at 20 Oktober 2023 Desa Kiarapedes yang dipimpin BPD Desa Kiarapedes telah melaksakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait Penetapan dan Perubahan Rencana Kerja Pemerintah desa (RKPDes). Musyawarah ini dihadiri dengan sejumlah Aparatur Desa serta Tokoh Masyarakat serta Pendamping Desa  yang menjadi salah satu Narasumber pada musyawarah ini. Rudi Kusnaedi, S.S., M.Pd., selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kiarapedes menyampaikan bahwa Musdes ini dilaksanakan terkait adanya Tambahan Dana Alokasi Kinerja yang mempengaruhi APBDesa 2023. “Anggaran ini akan dipakai untuk pembangunan yang menjadi skala prioritas Desa Kiarapedes, yakni salah satunya Pembangunan Stadion Sepak Bola yang berlokasi di Kp. Pareang RW 005” Ujar kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana, S.S. Desa Kiarapedes menjadi salah satu Desa yang mendapat Tambahan Dana sebesar Rp. 139.642.000 untuk Alokasi Kinerja dari 37 Desa yang menerima di Kabupaten Purwakarta.Tambahan Dana Alokasi Kinerja tersebut diberikan sebagai penghargaan kepada Desa yang sudah memenuhi kriteria, diantaranya : Desa tidak terindikasi korupsi selama satu semester, mulai dari Januari hingga Juni. Realisasi Dana Desa tahap pertama sudah dilaksanakan. Melaksanakan Bantuan Langsung Tunai Dana desa (BLT DD) sesuai ketentuan yang ditetapkan. Hal lain  yang menjadi faktor penentu diantaranya Perubahan yang terjadi dalam Indeks Desa Membangun (IDM) dari yang semula Maju menjadi Mandiri serta Laporan Keuangan yang baik.

KEGIATAN RUTIN RAPAT MINGGON UNTUK EVALUASI KINERJA PEMERINTAH DESA KIARAPEDES

Hari ini Jum'at, 13 Oktober 2023 Pemerintah Desa Kiarapedes yang dipimpin oleh Kepala Desa Kiarapedes dan dihadiri oleh aparatur Desa Kiarapedes dari mulai BPD, Staff Desa, RT, RW, Linmas serta Babinsa Kiarapedes mengadakan kegiatan Rapat Minggon atau Evaluasi Kerja rutinan yang dilaksanakan di aula Desa Kiarapedes. Dalam hal ini Kepala Desa Kiarapedes menyampaikan bahwa masyarakat dan Aparatur Desa Kiarapedes harus berhati-hati dalam menghadapi kondisi cuaca saat ini yang sudah mulai memasuki musim hujan. Selain itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kiarapedes juga memberikan sosialisasi perihal DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu 2024 mendatang. Beliau juga menyampaikan tentang persiapan yang akan dilaksanakan saat pemilu nanti.