Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

MUSRENBANGDES Usulan Program Pembangunan Tahun 2025 Desa Kiarapedes

  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau disingkat menjadi MUSRENBANGDES adalah salah satu momen penting yang di selenggarakan dalam pembangunan dalam tingkat Desa yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan pertahunnya. Pendopo Desa Kiarapedes menjadi saksi terlaksananya Musrenbangdes tahun 2024 dalam rangka Usulan Program Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2025 pada (12/01/24). Kegiatan Musrenbangdes ini dihadiri oleh berbagai unsur dari mulai Pihak Kecamatan Kiarapedes, Aparatur Desa, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Perempuan. Dalam sambutannya Kepala desa menyampaikan bahwa sesuai janji saya saat sebelum menjabat yaitu akan mengembangkan segala potensi yang ada di Desa Kiarapedes,  dan Alhamdulillah setelah dua tahun lebih Menjabat sebagai Kepala Desa Kiarapedes beberapa bidang sudah terealisasi. Seperti bidang Olahraga dengan berjalannya Sekolah Sepak Bola (SSB), Bidang UMKM dengan Wisata Kulinernya, Bidang Kesenian serta bidang lainnya dengan berbagai kegiatan programnya. Ada beberapa ajuan rencana pembangunan untuk tahun 2025 yang disampaikan saat Musrenbang ini, diantaranya : 1. Pengajuan mobil Sampah / Armada sampah 2. Pembangunan Jalan Penghubung Kiarapedes - Sumbersari 3. Perbaikan Jembatan 4. Akses jalan penghubung antara Ciloji dengan cihalang 5. Penerangan Jalan Umum (PJU) Camat Kiarapedes yang diwakili oleh Kasi PMD menyampaikan tembusan dari Badan Pendapatan Daerah bahwa saat ini pemerintah Desa hingga Pemerintah Kabupaten diwajibkan melakukan kemampuan kemandirian fiskal sehingga tidak mengandalkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus serta Dana Alokasi Umum. Tak hanya itu beliau pun memberikan apresiasi penuh kepada Pemerintah Desa Kiarapedes dalam pencapaian Pembangunan pada 2 tahun terakhir ini. Selain itu Kasi tata Pemerintahan Kecamatan Kiarapedes pun memberikan masukan terkait usulan Penerangan Jalan Umum dan menyampaikan bahwa "Setelah kemarin kecamatan Kiarapedes menjadi prioritas utama untuk Penerangan Jalan Umum, maka dari itu kami akan berusaha lebih maksimal membantu dalam merealisasikan ajuan PJU Desa Kiarapedes pada tahun ini" Ujarnya. Setelah acara usulan selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serta foto bersama.

Kewreeenn!! Wisata Kuliner Desa Kiarapedes menjadi sorotan masyarakat

Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta melaksanakan  Kegiatan Program Inovasi yaitu Wisata Kuliner Kiara Night Culinary (KNC) yang berlokasi di Halaman Kantor Desa Kiarapedes. Program ini sebagai program inovasi yang bertujuan untuk membantu meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa. Sebagai bentuk unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES, Kiara Night Culinary ini dikelola oleh Kelompok Desa Sadar Wisata (POKDARWIS). Jum'at (15/12) launching Wisata Kuliner Kiara Night Culinary ini dihadiri oleh Kepala Desa Kiarapedes, PPK & PPS Kecamatan Kiarapedes, BAWASLU Kecamatan Kiarapedes beserta masyarakat yang berbondong - bondong untuk membeli makanan yang disediakan di Wisata Kuliner KNC ini. Beberapa jajanan yang menjadi pusat perhatian para pengunjung terutama kalangan muda ini menjadi tujuan utamanya, selain itu penampilan seni Siswa/i dari mulai TK, SD, SMP dan SMK serta penampilan musik dari Band unggulan (Keromo Ethnic & Jagat sutra) tak kalah ramai dalam menghibur pengunjung. Kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana,S.S menjelaskan dalam sambutannya bahwa Wisata kuliner KNC ini akan menjadi kegiatan rutin setiap 2 Minggu sekali yang bertempat di Halaman Kantor Desa Kiarapedes selain itu KNC ini juga untuk membantu Bumdes dalam meningkatkan PADesa. Selain dari tempat Jajan dan nongkrong juga KNC menyediakan fasilitas WIFI Gratis, Spot Foto yang indah, serta Pojok Baca yang bekerjasama dengan Perpustakaan Keliling Desa Kiarapedes.

SOSIALISASI PENGUATAN DESA ANTIKORUPSI DESA KIARAPEDES

Desa Kiarapedes adalah Desa yang terpilih sebagai Desa AntiKorupsi Se-Kabupaten Purwakarta dengan hasil yang diperoleh saat Pemeriksaan Administrasi yang dilakukan pada Bulan November yang lalu. Ini menjadi acuan pemerintah Provinsi untuk menindaklanjuti hal tersebut. Kamis (14/12/2023) Desa Kiarapedes telah melaksanakan Kegiatan Penguatan Desa AntiKorupsi  sebagai sarana agar masyarakat desa lebih paham mengenai Desa Antikorupsi tersebut. Tujuan utama dilaksanakan nya sosialisasi Desa AntiKorupsi ini adalah untuk menambah pengetahuan serta memahami hal atau giat apa saja yang masuk ke dalam bentuk pidana korupsi yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. "Masyarakat wajib mengetahui dan mendalami tentang ilmu korupsi ini, agar masyarakat bisa menindaklanjuti jika hal tersebut terjadi di sekitar. Seperti pada tagline nya, LIHAT LAWAN LAPORKAN!" Ucap H. Helmi Setiawan, AP., MM, selaku camat Kiarapedes pada sambutannya. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD), Camat Kiarapedes, inspektorat Provinsi Jawa Barat, serta Aparatur Desa Kiarapedes dan Lembaga Desa juga tokoh agama dan tokoh masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan ini. PAKSI Purwasuka atau Tim Penyuluh Anti Korupsi yang menjadi pemateri inti menyampaikan tentang pentingnya 9 nilai anti korupsi antara lain : Berani, Jujur, Mandiri, Peduli, Adil, Disiplin, Kerja Keras, Tanggu Jawab dan sederhana yang disingkat menjadi BERJUMPA DIKERTAS. Tim PAKSI juga menjelaskan tentang bagaimana perbedaan antara Gratifikasi/Suap dengan pemberian sukarela oleh perorangan maupun organisasi. "Hal ini dibedakan dari Konflik Kepentingan yang memakai anggaran keuangan negara untuk kepentingan pribadi. Diluar hal itu maka tidak termasuk tindak pidana korupsi". Kegiatan ini tidak hanya tentang sosialisasi dan diskusi saja akan tetapi menjadi momentum peserta untuk  saling menguatkan semangat Anti korupsi dalam setiap langkah dan kebijakan yang diambil untuk mempertahankan predikat Anti Korupsi di Desa Kiarapedes.

BIMTEK Teknologi Tepat Guna Pertanian Desa Kiarapedes

Menghadapi cuaca yang sudah mulai memasuki musim penghujan dan Teknologi Zaman yang semakin canggih, maka sangatlah penting untuk diadakannya Pelatihan Teknologi Tepat Guna untuk para Pelaku Pertanian. Hal ini bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan peserta tentang teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha taninya.  Rabu (29/11) Pemerintah Desa Kiarapedes mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis / Pelatihan Pengenalan Teknologi Tepat Guna (TTG) Pertanian yang berlokasi di Aula Desa Kiarapedes. Peserta Bimbingan Teknis ini diikuti oleh beberapa Kelompok Tani diantaranya Kelompok Muda Tani, Kelompok Kolonial Tani serta Kelompok Wanita Tani (KWT) dan beberapa tokoh Tamu Undangan lainnya yang ikut serta dalam acara ini. Acara Bimtek ini dimulai pada Pukul 09.00 WIB dengan diawali do`a serta dilanjut sambutan oleh Kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana, S.S yang menyampaikan terkait pentingnya kemandirian pangan yang didukung dengan program ketahanan pangan agar tidak hanya indeks saja yang menjadi mandiri akan tetapi kemandirian pangan pun harus meningkat. Dilanjut Pengarahan tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) Pertanian Oleh Camat Kiarapedes Helmi Setiawan, AP., MM.   Camat Kiarapedes menyampaikan bahwa pentingnya Teknologi Tepat Guna pada masa kini agar Para Petani yang ada di Desa Kiarapedes tidak tertinggal zaman. Dengan diadakannya Bimtek ini semoga peserta pelatihan mendapatkan Wawasan dan Motivasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mengembangkan usaha taninya. Tidak Hanya itu Inspektorat serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) juga ikut hadir memberikan arahan terkait Tepatnya sasaran dan penggunaan Dana Desa. Adapun yang menjadi pemateri inti yakni Alin Muhyidin ZA dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, beliau mengungkap bahwa manggis yang menjadi potensi unggulan petani di Kecamatan Kiarapedes. "Kiarapedes masih menjadi no 1 daerah produsen Manggis terbesar dari 4 Kecamatan yang sudah registrasi di Kabupaten Purwakarta, meskipun varietasnya masih Wanayasa". Beliau juga menjelaskan tentang minimnya perhatian Para Petani yang sebagian besar hanya mementingkan dalam hasil saja akan tetapi belum maksimal dalam memberikan pupuk terhadap Tanaman Manggis. 

KEREEENNN!!! PROGRAM KIARAPEDES CAANG UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Lampu jalan adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan pada malam hari sehingga hilir mudik pengguna jalan dapat melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan dari para pengguna jalan. Tentu saja hal ini menjadi tugas Pemerintah Desa Kiarapedes untuk memperhatikan keselamatan masyarakatnya. Dengan Program Kiarapedes Caang yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta, Kamis (18/11/23) Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta mendapatkan bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta untuk dipasang di 20 titik Jalan utama Desa Kiarapedes. 20 titik Jalan tersebut diantaranya 10 titik dari SMPN 1 Kiarapedes arah ke Kantor Desa Kiarapedes dan 10 titik dari perbatasan Desa Kiarapedes - Desa Ciracas dan Cibeber ke arah Kantor Kecamatan Kiarapedes. "Setelah 20 titik terselesaikan, program selanjutnya untuk Penerangan Jalan Umum ke arah Pasir Kuda (Perbatasan Desa Kiarapedes-Desa Gardu). Semoga dengan adanya program Kiarapedes Caang ini bisa lebih mensejahterakan Masyarakat serta memberikan keamanan bagi para pengguna jalan dalam menjalankan aktivitas perjalanan di malam hari." - Ucap Eden Sudana selaku Kepala Desa Kiarapedes.