Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

KEREENN!! Hasil Prestasi, Pemdes Kiarapedes dapatkan bantuan MASKARA

Pemerintah Desa Kiarapedes mendapatkan bantuan Mobil Aspirasi Kampung Juara (MASKARA) pada Senin (13/05/24) yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Provinsi Jawa Barat  yang berlokasi di Dealer Astra Isuzu Bandung. Sebanyak 80 Maskara yang diluncurkan pada tahun 2024, pada tahap 2 sebanyak 19 Maskara yang diluncurkan kepada beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Satu diantaranya yaitu Kabupaten Purwakarta dengan tiga Desa terpilih yang mendapatkan mobil maskara pada tahun ini. Tiga Desa tersebut terpilih sebagai desa dengan berbagai prestasi yang dicapai, diantaranya : 1. Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes sebagai Desa pencapaian IDM Mandiri dan Juara 1 Lomba Desa Anti Korupsi Se-kabupaten Purwakarta  2. Desa Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa sebagai Desa pencapaian IDM Mandiri dan Juara 3 pada lomba Desa Se-Provinsi Jawa Barat, serta 3. Desa Cibungur Kecamatan Bungursari sebagai Desa dengan prestasi pencapaian IDM Mandiri yang mengajukan mobil maskara pada tahun 2022.  Adapun manfaat dari Maskara tersebut sebagai fasilitas mobilisasi kegiatan desa seperti : Angkutan Pertanian, Perpustakaan Keliling, Sosialisasi Pemerintahan, maupun Panggung hiburan dan lainnya.  Kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana, S.S, mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas bantuan Maskara ini “Semoga Maskara ini dapat membantu segala aktivitas Pemerintah Desa Kiarapedes serta warga Desa Kiarapedes untuk segala aktivitas mobilisasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.” Ungkap beliau.

BANTU LANCARKAN MOBILITAS WARGA, PEMERINTAH DESA KIARAPEDES LAKUKAN PERBAIKAN JALAN LINGKUNGAN

Infrastruktur Desa adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat di pedesaan, salah satunya adalah perbaikan jalan lingkungan yang menjadi hal penting bagi masyarakat sebagai akses mobilitas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Jalan lingkungan adalah jalan yang berada di area pemukiman yang digunakan untuk mobilitas warga oleh kendaraan yang ditempuh dengan jarak dekat serta akses servis yang dapat menghubungkan berbagai bagian dalam suatu perumahan/pemukiman. Dalam rangka memperbaiki infrastruktur Desa, Pemerintah Desa Kiarapedes melaksanakan Pembangunan Jalan Lingkungan yang dilaksanakan di RW 002 Dusun I dan RW 003 Dusun II pada tanggal (25/04/24) dengan anggaran yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi (Banprov) Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Kiarapedes sesuai dengan yang tercantum pada Papan Kegiatan yang tertera. Kegiatan pembangunan ini dihadiri oleh beberapa Kasi Kecamatan Kiarapedes, Babinsa Kiarapedes, serta beberapa lembaga Desa yang ikut serta menyaksikan kegiatan tersebut. Antusias warga yang turut ikut membantu dalam kegiatan pembangunan jalan lingkungan ini menjadi poin penting untuk menumbuhkan semangat serta menciptakan kerukunan antar pemerintah Desa dan Masyarakat. Pemerintah Desa Kiarapedes yang disampaikan oleh Kepala Desa Kiarapedes menyebutkan harapannya kepada masyarakat bahwa Pembangunan Jalan Lingkungan/Jalan Pemukiman ini semoga dapat membantu memudahkan mobilitas warga dalam melakukan kegiatannya, dengan catatan masyarakat harus mampu membantu dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Kereeenn! Pemdes Kiarapedes ciptakan program GJS (Gerakan Jum'at Seka) dalam perubahan pola hidup masyarakat

Lingkungan yang tidak sehat adalah kondisi dimana lingkungan tersebut kotor dan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat menyerang makhluk hidup. Maka dari itu, perlunya kesadaran setiap individu dalam menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya menjaga kebersihan terhadap fasilitas umum. Tanggung jawab kebersihan lingkungan bukan hanya berada pada pemerintah saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab setiap warga negara di lingkungan tempat tinggalnya. Kebersihan lingkungan menjadi tolak ukur untuk lingkungan yang sehat serta menjamin terjaga nya kesehatan pada setiap orang. Salah satu upaya pemerintah Desa Kiarapedes dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yaitu dengan menciptakan program Gerakan Jum'at Seka (GJS). Gerakan Jum'at seka adalah program bersih-bersih lingkungan yang dilaksanakan secara gotong royong pada setiap hari Jum'at oleh semua aparatur serta lembaga Desa bersama masyarakat Desa Kiarapedes. Hal ini bertujuan untuk menjaga hubungan silaturahmi antara warga dengan Pemerintah setempat serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kepala Desa Kiarapedes mengatakan bahwa "Sebagai bentuk upaya pemerintah dalam memfasilitasi kebersihan lingkungan yaitu  dengan menciptakan program yang dapat memberikan impact menjadi budaya masyarakat dalam hal kebersihan, salah satunya dengan program Gerakan Jum'at seka ini" Ungkapnya pada saat menghadiri kegiatan GJS pada Jum'at (26/04/24). Tidak hanya Kepala Desa Kiarapedes yang hadir , kegiatan ini dihadiri juga oleh Babinsa Kiarapedes, Aparatur dan Lembaga Desa Kiarapedes, serta antusias masyarakat yang mendorongnya semangat dalam melaksanakan kegiatan GJS yang dilaksanakan di Lapangan sepak bola yang terletak di RW 001.

DALAM PROGRAM SABISA DESA KIARAPEDES MENDAPAT KUNJUNGAN DARI DPMD PROVINSI JAWA BARAT

BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa adalah usaha desa yang berbadan hukum serta dikelola oleh Pemerintah Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi desa.  Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan program SABISA (Sakola Bisnis Desa) untuk setiap BUMDES yang termasuk dalam kategori perintis maupun berkembang se-Jawa Barat.  Dengan Program SABISA Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharapkan Bumdes mampu bertransformasi menjadi model usaha yang lebih profesional untuk memajukan perekonomian masyarakat pedesaan. Hari ini Kamis (29/02/24) Desa Kiarapedes mendapatkan Kunjungan Kerja dariDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat dalam rangka menguatkan desa untuk mengikuti program SABISA yang akan dilaksanakannya nanti.  Kepala Desa Kiarapedes Eden Sudana juga menjelaskan terkait program-program yang akan dilaksanakan Bumdes Desa Kiarapedes termasuk program yang sudah berjalan seperti dalam bidang Sarana Air Bersih, Pembayaran PPOB, serta bidang UMKM melalui Wisata Kuliner. Tidak hanya melakukan sesi tanya jawab tentang Bumdes, DPMD Provinsi Jawa Barat juga melakukan pengecekan terhadap lokasi  yang akan dijadikan Stadion Lapangan Sepakbola, Pasar Desa, serta area pembuatan Kandang ayam petelur yang akan dikelola oleh Kelompok Ternak Desa sebagai suatu sarana usaha Bumdes yang akan datang.

MUSRENBANGDES Usulan Program Pembangunan Tahun 2025 Desa Kiarapedes

  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau disingkat menjadi MUSRENBANGDES adalah salah satu momen penting yang di selenggarakan dalam pembangunan dalam tingkat Desa yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan pertahunnya. Pendopo Desa Kiarapedes menjadi saksi terlaksananya Musrenbangdes tahun 2024 dalam rangka Usulan Program Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2025 pada (12/01/24). Kegiatan Musrenbangdes ini dihadiri oleh berbagai unsur dari mulai Pihak Kecamatan Kiarapedes, Aparatur Desa, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Perempuan. Dalam sambutannya Kepala desa menyampaikan bahwa sesuai janji saya saat sebelum menjabat yaitu akan mengembangkan segala potensi yang ada di Desa Kiarapedes,  dan Alhamdulillah setelah dua tahun lebih Menjabat sebagai Kepala Desa Kiarapedes beberapa bidang sudah terealisasi. Seperti bidang Olahraga dengan berjalannya Sekolah Sepak Bola (SSB), Bidang UMKM dengan Wisata Kulinernya, Bidang Kesenian serta bidang lainnya dengan berbagai kegiatan programnya. Ada beberapa ajuan rencana pembangunan untuk tahun 2025 yang disampaikan saat Musrenbang ini, diantaranya : 1. Pengajuan mobil Sampah / Armada sampah 2. Pembangunan Jalan Penghubung Kiarapedes - Sumbersari 3. Perbaikan Jembatan 4. Akses jalan penghubung antara Ciloji dengan cihalang 5. Penerangan Jalan Umum (PJU) Camat Kiarapedes yang diwakili oleh Kasi PMD menyampaikan tembusan dari Badan Pendapatan Daerah bahwa saat ini pemerintah Desa hingga Pemerintah Kabupaten diwajibkan melakukan kemampuan kemandirian fiskal sehingga tidak mengandalkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus serta Dana Alokasi Umum. Tak hanya itu beliau pun memberikan apresiasi penuh kepada Pemerintah Desa Kiarapedes dalam pencapaian Pembangunan pada 2 tahun terakhir ini. Selain itu Kasi tata Pemerintahan Kecamatan Kiarapedes pun memberikan masukan terkait usulan Penerangan Jalan Umum dan menyampaikan bahwa "Setelah kemarin kecamatan Kiarapedes menjadi prioritas utama untuk Penerangan Jalan Umum, maka dari itu kami akan berusaha lebih maksimal membantu dalam merealisasikan ajuan PJU Desa Kiarapedes pada tahun ini" Ujarnya. Setelah acara usulan selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serta foto bersama.